KECAMATAN MALANGBONG PEMERINTAH KABUPATEN GARUT JALAN MALANGBONG -WADO TELEPON (0262)421019 EMAIL : malangbong320514@gmail.com

Jumat, 10 Februari 2023

Keterangan Pindah

 

Jenis Perpindahan :

a.     Dalam satu Desa / Kelurahan
b.     Antar Desa / Kelurahan dalam satu Kecamatan
c.     Antar Kecamatan dalam satu Kabupaten / Kota
d.     Antar Kabupaten / Kota dalam satu Propinsi

Persyaratan :

a.     Penduduk WNI di Desa yang bermaksud pindah dalam satu Desa dilakukan sebagai berikut :

·       Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah
·   Petugas registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting.
·       Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
·   Kepada Desa/Lurah menerbitkan dan menandatangani surat keterangan pindah datang.
·       Petugas registrasi mencatat dalam buku induk penduduk dan Buku Mutasi Penduduk.
·  Surat keterangan pindah datang dapat digunakan sebagai dasar untuk proses perubahan KK bagi kepala/anggota keluarga dalam KK yang tidak pindah, dan proses penerbitan KK dan KTP.

b.     Penduduk WNI di Desa yang bermaksud pindah antar Desa dalam satu kecamatan dilakukan sebagai berikut :

·       Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah
·    Petugas registrasi mencatat dalam Buku harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa penting.
·       Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
·  Kepala Desa/Lurah menerbitkan dan menandatangani surat keterangan pindah
·       Petugas registrasi mencatat dalam buku induk penduduk dan buku Mutasi Penduduk.
· Surat keterangan Pindah datang diserahkan kepada penduduk untuk dilaporkan kepada Kepala Desa/lurah tujuan.

C  Penduduk WNI di Desa yang bermaksud pindah antar Kecamatan dalam satu Kabupaten dilakukan sebagai berikut :

·       Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah.
·       Surat pengantar dari RT/RW diketahui Kepala Desa/Kelurahan
·   Petugas registrasi mencatat dalam Buku harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting.
·       Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk.
·      Kepaka Desa /Petugas registrasi meneruskan berkas formulir permohonan pindah kepada Camat.
·       Petugas registrasi mencatat dalam buku induk penduduk dan buku mutasi penduduk di Kecamatan, sebagai berikut :
·       Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
·  Camat atas nama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerbitkan dan menandatangani surat keterangan pindah.
·    Surat keterangan pindah diserahkan kepada penduduk untuk dilaporkan ke daerah tujuan.

D  Penduduk WNI di Desa yang bermaksud pindah antar Kabupaten/Kota atau antar Propinsi dilakukan sebagai berikut :

Di Desa, sebagai berikut :
·       Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah
·       Surat Pengantar dari RT/RW diketahui Kepala Desa/Kelurahan
·   Petugas registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting.
·       Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
·  Kepada Desa/Kelurahan menandatangani surat pengantar pindah antar Kabupaten/Kota atau antar Propinsi.
·    Petugas registrasi mencatat dalam buku induk penduduk (BIP) dan buku mutasi penduduk (BMP)
·  Kepala Desa /petugas registrasi meneruskan berkas formulir pengantar pindah kepada Camat.
     Di Kecamatan, sebagai berikut :
·       Petugas melakukan verifkasi dan validasi data penduduk
·       Camat menandatangani surat pengantar pindah antar Kabupaten/kKota atau antar propinsi.
·       Surat keterangan pindah diserahkan kepada pemohon untuk diteruskan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai dasar penerbitan surat keterangan pindah.
Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sebagai berikut :
·       Menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Pindah
·       Menyerahkan kepada pemohon untuk dilaporkan ke daerah tujuan

Setiap penduduk WNI yang akan bertempat tinggal di wilayah Kabupaten Garut, wajib melaporkan kedatangannya kepada Kepala Desa/Kelurahan ditempat tujuan dengan menunjukkan Surat Keterangan Pindah.

Di Desa, sebagai berikut :
·           Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pindah datang
·        Petugas registrasi mencatat dalam buku harian peristiwa kependudukan dan peristiwa penting.
·           Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
·  Kepala Desa/Kelurahan menandatangani dan meneruskan formulir permohonan pindah datang kepada Camat.
Di Kecamatan, sebagai berikut :
·           Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
· Camat menandatangani formulir permohonan pindah datang dan menyampaikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai dasar penerbitan surat keterangan pindah datang.
Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sebagai berikut :
·           Menerbitkan dan menandatangani Surat keterangan Pindah

·           Menyerahkan kepada penduduk untuk dilaporkan ke daerah tujuan.

Kartu Keluarga

 

Penerbitan Kartu keluarga (KK) meliputi :

a.    KK baru bagi penduduk WNI
b.   KK baru bagi Orang Asing tinggal tetap
c. KK perubahan karena penambahan anggota keluarga dalam KK, bagi penduduk yang mengalami kelahiran.
d.   KK perubahan karena penambahan anggota keluarga untuk menumpang ke dalam KK bagi penduduk WNI.
e.  KK perubahan karena penambahan anggota keluarga bagi orang asing yang memiliki ijin tinggal tetap untuk menumpang ke dalam KK warga Negara Indonesia atau orang asing.
f.  KK perubahan karena pengurangan anggota keluarga dalam KK bagi penduduk WNI dan Orang Asing Tinggal tetap.
g.    KK karena hilang atau rusak bagi penduduk WNI dan orang asing tinggal tetap.

Persyaratan Penerbitan Kartu Keluarga (KK) :

1   KK baru bagi penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) meliputi :
·       Surat pengantar dari RT/RW dan Kepala Desa
· Foto copy atau menunjukkan kutipan akta nikah/kutipan akta perkawinan
·   Surat Keterangan pndah/surat keterangan pindah datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah NKRI.
· Surat keterangan dating dari luar negeri yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.

2.  KK baru bagi orang asing tinggal tetap, meliputi :
·       Surat Pengantar dari RT/RW dan Kepala Desa
·       Foto copy Paspor
·       Foto copy KITAP
·       SKTT
·       STMD / SKLD dari kepolisian
·       SKPD

3.  KK karena Penambahan anggota dalam KK, bagi penduduk yang mengalami kelahiran meliputi :
·       KK lama, dan
·       Foto copy Kutipan Akta Kelahiran

4.  KK karena penambahan anggota keluarga untuk menumpang ke dalam KK bagi penduduk WNI meliputi :
·       KK lama anggota keluarga yang akan menumpang
·       KK yang akan ditumpangi
·  Surat keterangan pindah datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah NKRI
·       Surat keterangan datang dari luar negeri bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.

5.  KK karena penambahan anggota keluarga bagi Orang Asing yang memiliki Izin tinggal tetap untuk menumpang ke dalam KK WNI atau orang asing meliputi :
·       KK lama atau KK yang ditumpangi
·       Paspor
·       Surat keterangan catatan kepolisian bagi orang asing tinggal tetap.

6.   KK karena pengurangan anggota keluarga dalam KK bagi penduduk WNI dan orang asing meliputi :
·       KK lama
·       Surat keterangan kematian atau
·       Surat keterangan pindah datang/surat keterangan pindah datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah NKRI.

7.   KK karena hilang atau rusak bagi penduduk WNI dan orang asing tinggal tetap meliputi :
·       Surat keterangan kehilangan dari Kepala Desa / Lurah / Polsek
·       KK yang rusak
·   Foto copy menunjukkan dokumen kependudukan dari salah satu keluarga,
·       Dokumen keimigrasian bagi orang asing.

PENERBITAN KARTU KELUARGA (KK) DILAKUKAN SEBAGAI BERIKUT :

1.     Di Desa /  sebagai berikut :
·       Penduduk mengisi dan menandatangai formulir permohonan KK
·  Petugas registrasi mencatat dalam Buku harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting.
·       Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
·       Kepada Desa menandatangani formulir permohonan KK
· Kepada Desa/Petugas registrasi meneruskan berkas formulir permohonan KK kepada Camat sebagai dasar proses penerbitan atau perubahan KK di Kecamatan.

2.     Di Kecamatan, sebagai berikut :
·       Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
·       Camat menandatangani formulir permohonan KK
·      Petugas menyampaiakn formulir permohonan KK yang dilampiri dengan kelengkapan berkas persyaratan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Garut sebagai dasar penerbitan KK.

3.     Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut, sebagaiu berikut
·   Petugas melakukan perekaman data ke dalam data base kependudukan.
·  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerbitkan dan menandatangani Kartu Keluarga (KK)

Kartu Tanda Penduduk

 

Penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) meliputi :

a.     KTP baru, bagi penduduk Warga Negara Indonesia (WNI)
b.     KTP baru, bagi Orang Asing tinggal tetap
c.     KTP karena hilang atau rusak bagi WNI atau Orang Asing tinggal tetap
d.     KTP karena pindah datang bagi WNI atau Orang Asing tinggal tetap
e.     KTP karena perpanjangan bagi WNI atau Orang Asing tinggal tetap
f.      KTP karena perubahan data bagi WNI atau Orang Asing tinggal tetap

Persyaratan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

A. KTP baru bagi penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) meliputi :
·       Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin
·       Surat Pengantar dari RT/RW dan Kepala Desa/Kelurahan
·       Foto copy Kartu Keluarga (KK)
·       Foto copy Kutipan Akta Nikah/Akta Kawin bagi penduduk yang berusia 17 (tujuh belas) tahun.
·       Foto copy Kutipan Akta Kelahiran
·       SKDLN, bagi penduduk WNI yang datang dari luar negeri karena pindah
·       Pas foto 3 x 4 berwarna 2 lembar (bagi tahun kelahiran ganjil begron merah/tahun genap begron biru)

B. KTP baru bagi Orang Asing meliputi :
·       Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin
·       Surat Pengantar dari RT/RW dan Kepala Desa/Kelurahan
·       Foto copy Kartu Keluarga (KK)
·       Foto copy Kutipan Akta Nikah/Akta Kawin bagi penduduk yang berusia 17 (tujuh belas) tahun.
·       Foto copy Kutipan Akta Kelahiran
·       Foto copy Paspor dan KITAP
·       Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
C. 1. KTP karena hilang atau rusak bagi WNI atau Orang Asing Tinggal tetap meliputi :
                i.   Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian atau KTP yang rusak
              ii.   Foto copy Kartu keluarga (KK)
             iii.   Foto copy Paspor dan KITAP bagi orang Asing
2.  KTP karena pindah datang bagi WNI atau Orang Asing meliputi :
I.      SKPD (Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah Datang)
ii.     SKDLN bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah
3.  KTP karena perpanjangan bagi WNI atau Orang Asing Tinggal Tetap
                i.       Foto copy KK
              ii.       KTP lama
             iii.       Foto cpy Paspor dan KITAP bagi orang Asing
             iv.       Foto copy SKCK bagi orang asing yang memiliki ijin tinggal tetap
4.  KTP karena perubahan data bagi WNI atau Orang Asing tinggal tetap meliputi :
i.      KK lama
ii.     KTP lama
iii.   Surat Keterangan/Pernyataan bukti perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting

PENERBITAN KTP DILAKUKAN SEBAGAI BERIKUT :

b.   Di Desa/Kelurahan sebagai berikut :
                            i.    Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan KTP WNI
                          ii.    Petugas registrasi mencatat dalam Buku harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting
                         iii.    Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data
                         iv.    Kepala Desa / Kelurahan menandatangani formulir permohonan KTP
                           v.    Petugas Registrasi menyampaikan formulir permohonan KTP yang dilampiri dengan kelengkapan berkas persyaratan kepada Dinan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut sebagai dasar penerbitan KTP.
c.    Di Kecamatan, sebagai berikut :
                            i.    Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
                          ii.    Camat mendantangani formulir permohonan KTP
                         iii.    Petugas registrasi menyampaikan formulir permohonan KTP yang dilampiri dengan kelengkapan berkas persyaratan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut sebagai dasar penerbitan KTP.
d.   Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Garut, sebagai berikut :
                            i.    Petugas registrasi melakukan perekaman data ke dalam data base kependudukan
                          ii.    Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerbitkan dan menandatangani KTP

PENERBITAN KTP ORANG ASING, pada dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut dilakukan sebagai berikut :

1.     Orang asing yang memiliki ijin tingla tetap mengisi dan menandatangani formulir permohonan KTP WNA.
2.     Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
3.     Petugas registrasi melakukan perekaman data ke data base kependudukan
4.     Kepada Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil menerbitkan dan menandatangani KTP.

Dalam hal KTP diterbitkan karena perpanjangan, KTP lama ditarik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang menerbitkan.

 

Dalam KTP dimuat pas foto berwarna dari penduduk yang bersangkutan dengan ketentuan :

·         Penduduk yang lahir tahun GANJIL latar belakang pas foto warna MERAH
·         Penduduk yang lahir tahun GENAP latar belakang pas foto warna BIRU
·         Pas foto berukuran 2 x 3 cm dengan ketentuan tampak wajah 70% dan boleh menggunakan jilbab.